Preceeding text. Welcome to Andian Blogspot..created by www.si.andianku@yahoo.co.id Following text.

Minggu, Juni 15, 2008


Ubuntu Pasang Netbook Remix di Eee PC



Minggu, 15 Juni 2008 - 13:48 wib
Muhammad Chandrataruna - Okezone

LONDON - Ubuntu kini tengah merancang desain sistem operasi Netbook Remix yang rencananya akan secara khusus diintegrasikan sebagai sistem operasi laptop mini Asus Eee PC.

Hal tersebut dinyatakan pendiri dan CEO Ubuntu Mark Shuttleworth kepada ZDnet, Minggu (15/6/2008).

Diluncurkannya Netbook Remix oleh Ubuntu, menurut Mark, merupakan reaksi atas semakin merebaknya penjualan mini laptop menyusul sukses yang dilakukan oleh vendor asal Taiwan, Asus dengan Eee PC-nya. Untuk sistem operasi Eee PC itu, Asus menggunakan distro Linux Xandros.

Mark Shuttleworth, yang saat ini juga merupakan CEO dari Canonical, mengatakan bahwa pihaknya tengah mengembangkan sebuah distro OEM yang bisa dijalankan pada mini laptop yang akan digunakan oleh sejumlah vendor untuk menjual mini laptop berbasis distro Ubuntu.

"Para vendor sempat melayangkan pertanyaan mengenai standar Ubuntu termasuk updatenya," jelas Shuttleworth.

Dengan menggunakan Notebook Remix, tampilan untuk web browsing akan semakin lebar termasuk aplikasi komplimen lainnya. Misalnya, seperti Gnome panel applets, window-manager tweaks atau themes. "Ini merupakan bagian dari peningkatan pengalaman menggunakan Ubuntu yang beroperasi di atas mini laptop," lanjut Shuttleworth.

Bersama Atom, Ubuntu juga dikabarkan akan meluncurkan mini laptop berbasis Ubuntu akhir tahun ini dengan standar Ubuntu Desktop Edition.

Saat ini, kabarnya Ubuntu menjadi distro sistem operasi open source Linux yang banyak digunakan di luar Red Hat dan SuSE.(cdr) (srn)

1 komentar:

naruto mengatakan...

boleh jg info y !!!!
trima kasih y ......